Pulau Tidung Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Tidung atau Tidung Island adalah Pulau Penduduk di Kepulauan Seribu yang mempunyai keunikan tersendiri. Pulau Tidung saat ini telah menjadi destinasi wisata pantai di Kepulauan Seribu yang paling banyak dikunjungi. Pengunjung ini sebagian besar adalah turis lokal dan sebagian turis manca negara. Setiap akhir pekan rata-rata kunjungan mencapai 1000 lebih wisatawan. Hal ini karena keindahan alamnya yang telah diakui oleh banyak orang. Daya tarik utama adalah lautnya yang masih alami, keanekaragaman biota laut dan nuansa perkampungan yang bebas polusi. Tidak heran jika akhirnya Pulau Tidung mendapat berbagai julukan seperti Hidden Paradise in Jakarta, New Paradise in Jakarta, dan lain sebagainya.
Pulau Tidung terdiri dari 2 pulau besar yang terhubung oleh Jembatan Cinta sepanjang 800 meter diatas laut dangkal. Kedua pulau tersebut adalah Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Tidung Besar adalah lokasi utama tempat dimana terdapat penginapan dan fasilitas penunjang lainnya. Sedangkan Tidung Kecil adalah pulau tanpa penghuni yang hanya dijadikan wilayah konservasi oleh dinas pertanian Kepulauan Seribu.
Lokasi Pulau Tidung
Peta Lokasi Pulau Tidung Kepulauan SeribuDilihat secara geografis lokasi Pulau Tidung terletak dalam gugusan Kepulauan Seribu yang masih wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Pulau yang dihuni oleh sekitar 5000 jiwa ini luasnya mencapai 109ha dengan panjang sekitar 5 Km dan lebar 200 meter. Secara administratif Pulau Tidung termasuk dalam kelurahan Pulau Tidung, kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia.
Untuk mencapai lokasi Pulau Tidung dapat ditempuh melalui beberapa lokasi pelabuhan. Dibutuhkan waktu 1 jam perjalanan dengan kapal cepat speedboat dari Dermaga Marina Ancol. Selain itu bisa juga ditempuh dari Pelabuhan Pelelangan Ikan Muara Angke dengan kapal feri tradisional selama 2,5 jam perjalanan. Alternatif lainnya adalah menggunakan kapal milik dinas perhubungan dari pelabuhan Kali Adem Muara Angke meski kadang tidak beroperasi. Bagi yang diwilayah tangerang bisa juga berangkat dari Pelabuhan Rawa Saban, Paku Haji dengan kapal feri traidisional yang waktu tempuhnya berkisar 2 jam. Untuk saat ini transportasi kapal feri tradisional masih menjadi favorit karena harganya yang paling murah diantara yang lain.
Fasilitas Wisata Pulau Tidung
Beberapa fasilitas yang terdapat disana antara lain : Penginapan atau homestay ber-AC, rental perlengkapan snorkeling dan diving, rental sepeda, warung dan toko souvenir, warung makan tradisional dan seafood, serta toko kelontong sederhana. Fasilitas umum yang ada seperti dermaga Dinas Perhubungan, dermaga nelayan, Puskesmas, Kantor Camat, Kantor Lurah, Masjid dan musolla serta ATM Bersama bank DKI. Pengguna telepon seluler dapat dengan mudah menemukan sinyal Indosat dan Telkomsel disana sedang operator lainnya sebagian besar tidak ada.
Objek Wisata di Pulau Tidung
Sesuai dengan lokasinya yang berada di tengah laut maka objek wisata disana berhubungan dengan laut. Beberapa objek yang dapat anda temui antara lain :
Pantai Pasir Putih yang berada di ujung Tidung Besar yaitu Tanjongan Barat dan Tanjongan Timur serta sebagian Tidung Kecil.
Air Laut yang jernih dengan terumbu karang yang ada didalamnya tempat hidup berbagai ikan hias warna-warni.
Jembatan Cinta yang menjadi ciri khas dan Ikon wisata pulau tidung yang berada diantara Tidung Besar dan Tidung Kecil.
Berbagai permainan air ( water sport ) seperti banana boat, donat boat, sofa boat, hantu laut, kano atau kayak dan ada juga arena bermain soft gun.
Kuliner khas Pulau Tidung seperti keripik sukun, dodol rumput laut, dodol rumput laut dan masakan khas laut lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s